FREE SPIRIT !!!!

it is just a blog, what else ?

Lina Ben Mhenni

Lina Ben Mhenni

TA of linguistic, author for GVO, blogger, and activist fighting for human rights and against censorship !

Lugas ! Itulah Lina Ben Mhenni, aktivis perempuan dari Tunisia ini merupakan salah satu revolusioner ketika terjadinya Revolusi Melati ( Jasmine Revolution) di Tunisia. Dia dengan aktif mengkritisi pemerintahan Tunisia melalui blog-nya atunisiangirl.blogspot.com (A Tunisian Girl) sehingga di blokir oleh pemerintahan Ben Ali karena dianggap mengancam rezimnya.

Lina Ben Mhenni, merupakan Asisten Dosen Linguistik di Universitas Tunis, Tunisia. Setelah kerusuhan yang terjadi di Tunisia, Lina mulai melakukan perjalanan kepenjuru negerinya untuk mengambil foto-foto dan merekeam video dari protes warga Tunisia dan mereka yang diserang dan di siksa oleh pemerintahan Ben Ali.

Pada tahun 2011, Lina menghadiri sebuah forum di Oslo yaitu ‘Oslo Freedom Forum’ (OFF) dimana dia menjadi pembicara dan panelis di sebuah diskusi di sana. Dia dengan lantang menyuarakan ketidak adilan dan kediktatoran Ben Ali dalam forum itu. Dalam sesi ‘Dawn of A New Arab World’ pada OFF , terlihat Lina sangat emosional menyuarakan keadaan di negaranya. Bersama dengan rekan-rekan aktivis dari Arab lainnya yaitu Ghazi Gheblawi (Libya), Amir Ahmad Nasr (Sudan), Maryam Alkhawaja (Bahrain) dan Ali Abduleman (Bahrain), mereka melakukan Diskusi Panel yang di moderasi oleh Philippa Thomas, mengenai situasi dan kondisi di negara masing-masing serta isu-isu hak asasi manusia, pembangunan demokrasi di negara masing-masing, dan peran media International bagi mereka.

Tahun berikutnya, tepatnya pada tanggal 7-9 Mei 2012, Lina hadir kembali pada Oslo Freedom Forum bersama rekan-rekan dari Arab lainnya, Ghazi, Amir, Maryam, Ahmed Benchemsi (Marocco) mengisi Diskusi Panel dengan tema ‘The Arab Uprisings:One Year Later’. Satu tahun setelah Diskusi Panel di tempat yang sama, Lina memberikan informasi mengenai keadaan negaranya setelah satu tahun melakukan Diskusi Panel di tempat yang sama.

Di akhir tahun 2011, Lina dinominasikan menerima Nobel Perdamaian. Hingga saat ini Lina masih melanjutkan aktivitasnya, tetap melaporkan Human Rights & Democracy dalam blognya dan aktif di twitter dengan nama account @benmhennilina .

May 28, 2012 - Posted by | 1 |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: